Dampingi Kunjungan Kerja, TNI – Polri, BUMN dan Forkopimda Sulsel Kompak Dukung Mentan Amran Majukan Pertanian di Sulsel

By Admin


MAKASSAR -- Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja di kabupaten Bone, Gowa dan Wajo Provinsi Sulawesi Selatan pada 10 - 11 Oktober 2024.

Hari pertama, Kamis 10 Oktober, pertama kali Mentan Amran akan berkunjung ke Kabupaten Bone, kampung kelahirannya. Bone ini juga merupakan daerah kelahiran banyak tokoh nasional asal Sulsel, seperti Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla dan mendiang Andi Muhammad Jusuf Amir, salah satu putra Sulsel yang beberapa kali menjadi Menteri di era kabinet orde baru.

Di Bone rencananya kakak kandung Andi Sudirman Sulaiman dan Andi Asman Sulaiman ini akan ke lokasi Optimalisasi Lahan (Oplah) di Desa Matajang, Kecamatan Dua Boccoe. Di lokasi ini Ketua Umum IKA Unhas ini akan melaksanakan olah tanah dan tanam serta penyerahan bantuan. 

Titik kedua di Bone adalah Pabrik Gula PT Sinergi Gula Nusantara Camming. Di lokasi ini Owner Tiran Group ini akan melakukan peninjauan dan tanam perdana tebu P8T.  Tebu P8T ini sendiri adalah varietas yang dikembangkan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yang hasilnya dapat mencapai delapan hektar perton.

Hari kedua Jumat 11 Oktober kunjungan akan dilakukan di dua titik. Titik pertama adalah lokasi panen padi di Desa Sunggumanai Kecamatan Patallasang Kabupaten Gowa. Pendiri AAS Foundation ini direncanakan melakukan panen dan langsung tanam kembali di lokasi yang sama serta penyerahan bantuan.

Lokasi kedua rencananya di Desa Tonro Tengah Kecamatan Pamana Kabupaten Wajo. Setelah peninjauan olah lahan dan tanam padi, akan dilakukan dialog dengan Petani, Penyuluh dan pengecer Pupuk.

Pada kunjungan kali ini, Mentan Amran didampingi oleh ⁠ Tenaga Ahli Menteri Letjen (Purn) Ida Bagus Purwalaksana, Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Richard Tampubolon, Kabaharkam Polri Komjenpol Mohammad Fadil Imran, Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakhrulloh, Kapolda Sulsel Irjenpol Yudhiawan Wibisono, ⁠ Kasdam XIV/HSN Brigjen Rusmili, WaAster Panglima TNI Brigjen TNI Mar Bambang Hadi dan ⁠WaAster Kasad Brigjen TNI Heri Susanto.

Dari BUMN turut serta Dirut Pupuk Rachmad Pribadi dan ⁠Dirut PTPN III Mohammad Abdul Ghani. Selain itu para bupati di setiap lokasi juga akan turut menyambut, seperti PJ Bupati Bone Andi Winarno, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Bupati Wajo Andi Bataralifu.

Adapun Panglima Divisi Infanteri 3 / Kostrad Mayjen Bangun Nawoko dan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Bobby Rinal Makmun berhalangan hadir karena sedang menghadiri Apel Dansat se Indonesia di Jakarta.

Kehadiran seluruh pihak baik dari TNI, Polri, BUMN dan Forkopimda Sulsel ini merupakan wujud kesiapan dalam mendukung dan mensukseskan program Mentan Amran di Sulsel. 

Dalam berbagai kesempatan Mentan Amran selalu mengajak berbagai pihak untuk kerjasama membangun Sulsel terutama sektor pertanian yang saat ini dinahkodainya. 

Di mana untuk tahun 2024 ini Sulsel telah menerima bantuan berupa bantuan reguler pertanian senilai Rp365 miliar, bantuan pertanian pasca banjir senilai Rp48,3 miliar, dan pupuk subsidi senilai Rp2,57 triliun.

Kementan juga menjalankan program andalannya di Sulsel seperti Oplah, Pompanisasi dan Perluasan Areal Tanam. 

Hubungan dan sinergitas dengan berbagai lembaga pemerintah seperti TNI, Polri, Pemprov, BUMN dan Kementerian / Lembaga lainnya tentu akan semakin menguatkan semua program yang telah dicanangkan oleh Kementan. (*}